10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia

Assalamu'alaikum. Selamat datang di Thread ane.

Spoiler for Cek Repost

10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia

Spoiler for Mohon untuk dibaca terlebih dahulu

Sebenernya banyak thread yang berjudul 'Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia' dan semuanya membahas tentang jalur menuju Balai Yasa Pengok,Yogyakarta. Tapi,di thread ini ane bakal ngesharetentang jalur terekstrim yang dilewati normal oleh kereta api baik itu kereta penumpang maupun kereta barang.

Beberapa waktu yang lalu,On The Spot Trans7 sempat membuat info tentang 7 Jalur Kereta Api Terekstrim di Dunia dan ternyata salah satu jalur kereta api di Indonesia masuk di dalamnya. Yaps, 'Argo Gede Railway' begitulah mereka menyebutnya. Jalur yang menghubungkan Jakarta - Bandung ini menurut mereka adalah jalur paling ekstrim di Indonesia,apakah itu benar ? Untuk mengetahuinya mari kita lihat 10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia berikut ini.

Quote:Contoh cara membaca gradien :
10 permil (Setiap 1 KM jalur KA naik/turun setinggi 10 Meter)
26,5 permil (Setiap 1 KM jalur KA naik/turun setinggi 26,5 Meter)

Spoiler for Urutan ke - 10

Malang - Blitar (10 - 15 permil) Daop 8 Surabaya10 Jalur Kereta Api Terekstrim di IndonesiaPict : Rofiq Alichwan
Jalur kereta ini menjadi jalur utama bagi kereta - kereta dari dan menuju Bandung atau Jakarta. Di jalur ini terdapat 2 terowongan kereta,yaitu Eka Bakti Karya dan Dwi Bakti Karya. Kedua terowongan ini dibangun oleh Pemerintah Indonesia pada tahun 1969 bersamaan dengan pembangunan Bendungan Ir.Sutami. Selain itu,di jalur ini juga terdapat Jembatan Lahor yang tentunya sudah sangat terkenal.

Spoiler for Urutan ke - 9

Prupuk - Purwokerto (10 - 15 permil) Daop 5 Purwokerto10 Jalur Kereta Api Terekstrim di IndonesiaPict : Aditya Nurindar PrasetyoSeperti yang kita tahu Kota Purwokerto berada di dataran tinggi kaki Gunung Slamet. Tak heran apabila kereta api yang hendak menuju ke kota ini harus melalui perjalanan mendaki yang lumayan terjal. Jalur kereta yang paling ekstrim di Purwokerto adalah Jalur yang menuju ke utara sampai Stasiun Prupuk (Bukan kerupuk,ya 10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia )

Spoiler for Urutan ke - 8

Lawang - Bangil (15 - 25 permil) Daop 8 Surabaya10 Jalur Kereta Api Terekstrim di IndonesiaPict : Reza
Inilah jalur kereta api paling ekstrim di Daerah Operasional 8 Surabaya. Mengapa jalur ini disebut paling ekstrim di Daop 8 ? Karena dari Stasiun Bangil (9 MDPL) menuju Stasiun Lawang (484 MDPL) kereta api harus menanjak setinggi 475 meter dalam jarak 31 Km (buat kereta api ini udah nanjak banget).

Spoiler for Urutan ke - 7

Purwakarta - Padalarang (16.5 - 25 permil) Daop 2 Bandung10 Jalur Kereta Api Terekstrim di IndonesiaPict : Ane sendiri
Jengjeng inilah dia Argo Gede railway jalur paling ekstrim versi On The Spot 10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia
Jalur ini bisa dibilang sangat istimewa. Mengapa ? Karena di jalur inilah terdapat terowongan kereta api terpanjang yang masih aktif (Sasaksaat - 949 meter) juga jembatan kereta api terpanjang yang masih aktif (Cikubang - 300 meter) dan jembatan kereta api tertinggi di Indonesia (Cisomang - 100+ meter). Jalur kereta ini juga sangat berbahaya karena letaknya yang berada di punggung bukit dan banyaknya lembah yang dilewati. Buat agan atau sista yang mau ke Bandung dari Jakarta dan sekitarnya,ane saranin buat nyobain sensasi jalur ini. Itung - itung ngurangin jumlah mobil yang datang ke Bandung.

Spoiler for Jembatan Cikubang

10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia
Pict : Ane

Spoiler for Terowongan Sasaksaat

10 Jalur Kereta Api Terekstrim di IndonesiaPict : Andreva Rahmawan

Spoiler for Urutan ke - 6

Cicalengka - Cipeundeuy - Ciawi (25 permil) Daop 2 Bandung10 Jalur Kereta Api Terekstrim di IndonesiaSreenshot video Aldie Aiman
Jalur yang menghubungkan Bandung menuju Tasikmalaya ini tidak kalah ekstrimnya dengan jalur menuju Jakarta. Saking ekstrimnya,jalur ini menjadi jalur untuk 'Meng-Ospek' lokomotif baru yang akan berdinas di pulau Jawa. Di jalur ini tidak ada kata istirahat bagi kereta yang sedang melaluinya (kecuali kalo berhenti di stasiun) karena sejak dari Stasiun Ciawi kereta api akan melalui Tanjakan terjal sampai Stasiun Cipeundeuy,kemudian turunan curam akan menghadang dari Stasiun Cipeundeuy sampai Stasiun Cibatu. Kemudian menanjak lagi sampai Stasiun Nagreg (Stasiun tertinggi di Indonesia yang masih aktif) dan akhrinya meluncur di turunan yang tak kalah curam sampai Stasiun Cicalengka. Kebayangkan sensasi ekstrimnya jalur ini ? Dari Tasikmalaya sampai Bandung masinis harus waspada salah sedikit kereta akan terguling dan masuk ke jurang atau menghantam punggung gunung10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia Jika hujan sedang turun dapat dipastikan semua kereta yang lewat akan mengalami selip atau bahkan mogok 10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia
Quote:Buat yang penasaran dengan jalurnya bisa lihat video dari Om Bagus Widyanto ini 10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia

Spoiler for Urutan ke - 5

Indarung - Bukit Putus (26,5 permil) Divre 2 Sumbar10 Jalur Kereta Api Terekstrim di IndonesiaPict : Uda Maulana
Inilah jalur kereta api non gerigi yang paling ekstrim yang masih dilalui kereta sampai saat ini. Setiap hari,jalur ini dilalui oleh Kereta Semen milik PT. Semen Padang yang membawa sekitar 20 gerbong tanker per-rangkaian. Karena saking ekstrimnya,untuk melewati jalur ini Kereta semen isian harus ditarik oleh 2 lokomotif dan di dorong 1 bahkan 2 lokomotif dari belakang. Sementara Kereta semen kosongan biasanya hanya ditarik oleh 1 atau 2 lokomotif.

Spoiler for Urutan ke - 4

Cipatat - Tagog Apu (40 permil) Daop 2 Bandung10 Jalur Kereta Api Terekstrim di IndonesiaPict : Istimewa
Jika saja benar tahun 2017 jalur ini kembali diaktifkan,maka jalur inilah yang akan memegang rekor jalur kereta api non gerigi terekstrim di Indonesia mengalahkan Indarung - Bukit Putus. Jalur ekstrim yang menghubungkan 2 stasiun dengan jarak hanya 12 km namun memiliki tanjakan yang sangat terjal. Di jalur ini sering terjadi lokomotif selip bahkan mogok karena tidak kuat menanjak. Maklum,selain terjal,di ujung tanjakannya juga terdapat tikungan yang sangat tajam sehingga masinis kadang bingung antara harus mengurangi throttle atau menambahnya sehingga keputusan yang telat dapat mengakibatkan lokomotif selip atau mogok. Jalur legendaris ini adalah jalur kereta yang pertama kali menghubungkan Jakarta dengan Bandung.

Spoiler for Urutan ke - 3

Jambu - Bedono (40 - 65 permil) Daop 4 Semarang10 Jalur Kereta Api Terekstrim di IndonesiaPict : Istimewa
Mulai dari peringkat 3 kita mulai membahas jalur gerigi. Jalur yang terletak di kawasan wisata Ambarawa ini adalah jalur paling ekstrim di pulau Jawa. Jika agan menaiki KA Wisata Ambarawa dan akan masuk ke jalur gerigi,pasti lokomotif akan dipindah ke belakang untuk mendorong rangkaian kereta. Ini karena untuk menghindari KA mundur kembali saat di tanjakan.

Spoiler for Urutan ke - 2 dan ke - 1

Kandang Ampat - Padang Panjang (70 permil) dan Padang Panjang - Koto Baru (80 permil) Divre 2 Sumbar10 Jalur Kereta Api Terekstrim di IndonesiaPict : Bapak Nova Prima
Siapkan sabuk pengaman anda kapten,saatnya kita ber-roller coaster ria 10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia
Akhirnya,inilah jalur kereta api paling ekstrim di Indonesia. Jalur yang terdapat di Divisi Regional 2 Sumatra Barat ini membelah kesejukan Lembah Anai10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia Jalur ini sekarang sedang non aktif semenjak gempa Padang tahun 2009 silam. Untuk melibas jalur ini PT. Kereta Api mengoperasikan lokomotif khusus seri BB 204,salah satu lokomotif tercanggih dan termahal di Indonesia (ya iyalah wong bikinan Mercedes Benz 10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia ). Pernah ada kejadian dimana ada kereta yang gagal melakukan pengereman sehingga kereta api tersebut keluar rel dan masuk ke jurang Lembah Anai.
10 Jalur Kereta Api Terekstrim di IndonesiaPict : Bapak Nova Prima
Bisa dilihat sendiri bagaimana ekstrimnya jalur ini. Kejayaan jalur ini adalah saat batubara Sumbar masih melimpah. Setiap hari banyak KA Batubara melintasi jalur ini. Ketika stok batubara habis,habis juga riwayat jalur ini. Gerbong batubara yang tidak terpakai banyak dibiarkan begitu saja di stasiun Padang Panjang. Sempat ada harapan saat PT. KA mengoperasikan KA Wisata dijalur ini. Namun sayang,gempa Padang 2009 silam merusak prasarana di jalur ini sehingga berbahaya untuk dilewati.

Itulah 10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia. Sayang sekali Jalur Lembah Anai yang merupakan jalur paling ekstrim di Indonesia harus non aktif hingga saat ini. Padahal kehadiran Kereta di jalur ini dapat memancing turis untuk datang dan melihat Lembah Anai dari sudut yang berbeda.

Sekian pembahasan dari thread ane

10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia Naik Kereta Api Lebih Baik. Lebih Baik Naik Kereta Api10 Jalur Kereta Api Terekstrim di Indonesia

Wassalamu'alaikum Wr.Wb

Spoiler for Sumber

Obrolan santai bersama Om Agung Wicaksono dan Uda Maulana