Rakuten Gulung Tikar di Indonesia, Hukum Rimba Marketplace Indonesia sudah terlihat

Rakuten Gulung Tikar di Indonesia, Hukum Rimba Marketplace Indonesia sudah terlihat

Rakuten, situs belanja online asal Jepang, memutuskan untuk menarik diri dari Indonesia. Semua transaksi akan dihentikan mulai 1 Maret 2016.

Pengumuman ini dituliskan pada situs resmi belanja online tersebut yang beralamat di rakuten.co.id.

Quote:"Dengan sangat menyesal kami mengumumkan bahwa Rakuten Belanja Online tidak lagi tersedia bagi pelanggan untuk melakukan pembelian per 1 Maret 2016. Kami ingin mengucapkan terima kasih atas dukungan Anda selama beberapa tahun ini dan kami harap Anda menikmati berbelanja di Rakuten Belanja Online," tulis Rakuten.

Tak diketahui apa alasan Rakuten mundur, padahal menurut data mereka industri e-commerce di Indonesia diprediksi bakal naik 45,1 persen hingga akhir 2016. Pun begitu Rakuten menjamin semua konsumen yang sudah terlanjur atau ingin bertransaksi hingga 29 Februari 2016.

"Semua pesanan dengan pembayaran yang terkonfirmasi pada periode ini akan tetap dikirimkan," isi pernyataan situs Rakuten di Indonesia.

Rakuten masuk Indonesia sejak pertengah 2011 dengan menggandeng MNC Group sebagai mitra lokal. Namun keduanya memutuskan untuk berpisah pada akhir 2013 lalu, dan kini akhirnya Rakuten memutuskan untuk tak lagi berbisnis di Indonesia.

Perlu diketahui bisnis marketplace adalah bisnis berdarah2 dengan kompetisi yang sangat ketat, karena mereka berlomba2 untuk mendapatkan transaksi sebanyak mungkin dengan mengejar pertumbuhan antar seller dan pembeli, modal yang dikeluarkan juga sangatlah besar untuk meng akuisis

Bisnis marketplace adalah bisnis dimana one winner takes all

Kita lihat negara yang sudah mature ecommerce nya seperti amerika hanya 1 marketplace yang jadi pemenanganya dari beberapa marketplace yang dulunya ada yaitu EBAY, sedangkan china juga hanyak 1 marketplace yaitu Taobao (alibaba group) yang akhirnya jadi pemenangnya dan negara lain juga hanya 1 marketplace yang nantinya menjadi pemenang

Ini membuktikan nanti di Indonesia hanya ada 1 marketplace yang akan jadi pemenang dari sekian banyak marketplace yang ada seperti tokopedi*, bukalapa*, eleveni*, blanj* dll. terbukti multiply sudah gulung tikar disusu rakuten juga sudah gulung tikar. siapa selanjutnya yang akan gulung tikar dan siapa yang akan menjadi pemenangnya??

Ayo kasih pendapat gan

klo liat dari statistik alexa dan similiarweb, hanya ada 3 pertumbuhannya yang cepat yaitu : Tokopedia, bukalapak dan elevenia