Buset! GBK Kemungkinan jadi Sirkuit MotoGP 2017

Buset! GBK Kemungkinan jadi Sirkuit MotoGP 2017

Quote:TRIBUNNEWS.COM, Jakarta - Pihak Dorna memperbolehkan Indonesia sebagai tuan rumah MotoGP untuk menggunakan sirkuit jalanan atau Street Circuit.

Keputusan ini dibuat Dorna menyusul rencana pemerintah Indonesia untuk menggelar MotoGP di areal kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Senayan, Jakarta.

"Pada saat pertemuan dengan pak menteri (Imam Nahrawi), Javier Alonso dari Dorna mengatakan bahwa akan sangat fantastis Indonesia akan mengadakan ajang MotoGP dengan format sirkuit jalanan untuk pertama kalinya," ujar Kepala Komunikasi Publik Kemenpora, Gatot Dewa Broto kepada Tribunnews.com di Kantor Kemenpora, Senayan, Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Dorna memberikan keleluasaan bagi Indonesia untuk menggelar ajang MotoGP di lintasan jalan raya.
Padahal sebelumnya dikatakan bahwa ajang MotoGP hanya diperuntukan bagi sirkuit permanen.
Pihak Dorna bahkan memperbolehkan Indonesia tidak memenuhi syarat jarak lintasan lurus minimal 900 meter.
"Info kami kan terpaku bahwa harus minimal jalan lurusnya 900 meter tapi kata Alonso, 600 meter juga tidak apa-apa."
GBK dipilih setelah pemerintah batal menggunakan Sirkuit Sentul sebagai venue MotoGP.

Quote: VIVA.co.id - Harapan Indonesia untuk menggelar MotoGP 2017 masih terbuka lebar. Kawasan Gelora Bung Karno pun menjadi target utama untuk dijadikan arena balap motor paling bergengsi di dunia tersebut.
Ide gila? Memang, dan hal tersebut diakui oleh Kepala Komunikasi Kemenpora, Gatot S Dewa Broto.

Gatot sempat bertemu dengan Managing Director Dorna, Javier Alonso, pekan lalu. Dalam pertemuannya, Gatot membeberkan kawasan GBK menjadi fokus bahasan.

"Opsi sirkuit banyak. Tapi, kemarin yang difokuskan adalah kawasan GBK. Dorna sangat tertarik dengan rencana kami menjadikan kawasan GBK menjadi sirkuit," kata Gatot di kantornya, siang tadi.

Jika memang benar kawasan GBK menjadi sirkuit MotoGP 2017, maka ini akan menjadi sejarah. Ya, sepanjang sejarah MotoGP, belum ada jalan umum yang digunakan menjadi sirkuit.

"Maka dari itu, Dorna sangat tertarik," ungkap pria berkacamata tersebut.

Yang jadi permasalahan dalam penggunaan kawasan GBK sebagai sirkuit adalah keamanan. Selain itu, syarat umum untuk sirkuit MotoGP dikhawatirkan tak bisa terpenuhi.

"Ada yang bilang trek lurus harus 900 meter. Tapi, Dorna tak bilang itu harus terpenuhi. Masalah keamanan bisa diatur. Tapi, pastinya dana yang dibutuhkan sangat besar," terang Gatot.

Sampai sekarang, Indonesia masih terlibat tarik ulur terkait sirkuit mana yang akan menggelar balapan MotoGP 2017 mendatang. Nama Sentul hampir pasti dicoret dan kemungkinan diganti oleh Sirkuit Sky Land, Sumatera Selatan, atau sirkuit baru di Tegal Alur. (one)

Quote:
Detik.com - Jakarta - Meski persiapan masih jauh dari matang, Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) tetap berharap MotoGP bisa digelar 2017 mendatang.

Awal Februari lalu, Menteri Pemuda dan Olahraga, Imam Nahrawi melakukan pertemuan dengan perwakilan tim Dorna Dorna, Javier Alonso, di kawasan Senayan, Jakarta. Dalam pertemuan itu, awalnya Indonesia ditenggat sampai 29 Februari. Belakangan, Dorna kembali melakukan komunikasi dan Indonesia mendapat tambahan waktu hingga Juni mendatang untuk menuntaskan masalah administrasi seperti masterplan dan kontrak. Dengan harapan MotoGP bisa tetap digelar 2017 mendatang.

Hingga hari ini, pemerintah baru menyiapkan dua opsi sirkuit yang memungkinkan jika ingin tetap menggelar MotoGP pada tahun depan. Yang pertama adalah membangun sirkuit di sekitaran Gelora Bung Karno, atau kembali ke rencana awal menggunakan sirkuit Sentul. Namun dengan skema anggaran yang berbeda.

"Pada saat bertemu dengan Alonso, sirkuit yang dibahas sebenarnya hanya satu, yakni GBK. Kami tidak menyebut yang lain. Saat itu, Alonso menyambut baik dan menanggapi dengan ungkapan fantastis. Tapi Alonso tidak mempermasalahkan bila GBK tidak jadi, asalkan ada tempat lain menggelar MotoGP," kata Deputi V Bidang Harmonisasi dan Kemitraan Kemenpora, Gatot S. Dewa Broto di Kantor Kemenpora, Jakarta, Jumat (12/2/2016).

Pun jika ingin kembali menggunakan Sirkuit Sentul tidak akan menjadi masalah selama mekanisme anggarannya swasta murni. Pengelola Sirkuit Sentul, Tinton Soeprapto sudah mengatakan kalau renovasi menjadi bagiannya, sementara infrastruktur di luar sirkuit menjadi urusan pemerintah, termasuk event fee.

Bicara soal lahan di bagian mana yang akan dibangun sirkuit di kawasan GBK, Kemenpora sudah berancang-ancang menggunakan dua jalan yang bakal dipakai, yakni Jalan Asia-Afrika atau Jalan Pemuda. "Sudah ada yang mengusulkan seperti itu. Nanti paddock yang ada di gambar (sirkuit jalanan di GBK) akan ada di pintu 7, depan TVRI. Nanti di kanan-kirinya ada paddock VVIP."

Lebih lanjut Gatot menyampaikan dengan waktu yang tersisa pihaknya yakin waktu yang tersedia bisa termanfaatkan dengan baik. "Itu urusan teknis ya. Seperti GBK itu urusan Kementerian PU dan Pera dengan konsultan Mereka yang lebih mengerti detail teknisnya seperti apa. Yang jelas kami usahakan MotoGP tetap digelar 2017," tukasnya. (din/din)

Indonesia. Greget! Buset! GBK Kemungkinan jadi Sirkuit MotoGP 2017

Update :

Ternyata udah ada yang post di BP agan kellyrp
Tapi ane mencoba melengkapi dari berbagai sumber aja.Ijin ya gan kellyrp Buset! GBK Kemungkinan jadi Sirkuit MotoGP 2017